Berita Terbaru

Fakultas Syariah dan Hukum

FSH UINSGD dan PTA Jabar Kerjasama Tingkatkan Mutu SDM

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Selasa, 8-OKT-2019

Dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas sivitas akademika, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung melakukan kerjasama dengan Pangadilan Tinggi Agama (PTA) Jawa Barat. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Dekan FSH Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Si dan Ketua PTA Jabar Drs HM Taufiq HZ, M.HI; di Kantor PTA Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Selasa (08/10/2019).

Acara penandatangan MoU ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FSH Dr H Syahrul Anwar, M.Ag; Wakil Dekan II Dr H Ateng Ruhendi, M.Pd; Wakil Dekan III Dr H Aden Rosadi, M.Ag; dan Kepala Bagian TU FSH Dadang Bunyamin, S.Ag, MM. “Ini merupakan tindak lanjut dari MoU sebelumnya,” tegas Dekan saat memberikan sambutannya.

Tujuan kerjasama, lanjut Dr Fauzan, sebagai penguatan peran serta FSH dalam pengembangan dan pemberdayaan sivitas akademika. “FSH UIN SGD Bandung menjadi center of excellence: pengembangan Ilmu Syari’ah, Ilmu Hukum, dan Ilmu Ekonomi Syari’ah. Diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tinggi yakni menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional, dalam rangka meningkatkan kecerdasan, harkat, dan martabat bangsa,” jelasnya.

Terlebih setelah perubahan bentuk dari institut ke universitas, IAIN menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berimplikasi pada perlunya peningkatan mutu akademik,  kompetensi,  dan keahlian dosen dan mahasiswa di berbagai bidang ilmu pengetahuan.  “Kerjasama ini juga lebih menguatkan peran dan fungsi lembaga-lembaga penujang di FSH, salah satunya Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum (LBKH),” kata Dr Fauzan.

Wakil Dekan III FSH Dr H Aden Rosadi menjelaskan, poin-poin penting dalam MoU antara lain menguatkan bidang akdemik dalam bentuk pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Praktikum Peradialan Agama bagi mahasiswa. Selain itu, mengembangkan sumber daya manusia yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum dan di PTA.  

“Kita melahirkan para alumni yang kompeten di bidang ilmu syariah dan ilmu hukum. Mereka perlu dikembangkan dan diberdayakan dalam bentuk magang, juga perlu menyiapkan peluang dan prospek pekerjaan bagi mereka di berbagai Kantor Pengadilan Agama,” timpal Dr Aden, seraya menjelaskan bahwa pengembangan kerjasama adalah bagian dari tugas dan fungsinya sebagai Wakil Dekan III.[nanang sungkawa]   

 

[]