Fakultas Syariah dan Hukum

FSH UINSGD Jadi Tim Pokja Penyusunan Template Putusan di MA

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Jumat, 5-JUL-2019

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi bagian Tim Kelompok Kerja (TIM POKJA) di bawah koordinasi Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Australia-Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2). Dan, berkolaborasi dengan Tim Peneliti dari Masyarakat Pemantau Pembaharuan Peradilan Indonesia Fakultas Hukum Universitas Indonesia (MaPPI FHUI), serta Lembaga Independen Pembaharuan Peradilan (LeIP) Jakarta dalam menyusun format (template) putusan.

Rapat Pleno dan Kick Off Meeting Tim Pokja dilaksanakan Rabu, 25/06/2019 di Aula Mahmakah Agung Jakarta yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan, Para Ketua Kamar Peradilan, Hakim Agung, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi, Hakim Tinggi, Hakim Pengadilan Tingkat Pertama, Panitera, AIPJ2, Tim Peneliti dari MaPPI FHUI, FSH UIN Bandung, dan LeIP Jakarta. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Dr H Syarifuddin, SH, MH, didampingi oleh empat  Ketua Kamar Peradilan (Umum, Agama, Tata Usaha Negara, dan Militer).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Dr H Syarifuddin, SH, MH menyampaikan beberapa point penting: pertama, selama ini masing-masing kamar peradilan sudah memiliki format putusan yang untuk setiap jenjang peradilan yang diatur berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung, namun masih perlu disempurnakan melalui format/template yang lebih seragam.

Kedua, untuk menyusun format/template putusan yang seragam di semua kamar dan jenjang peradilan tentu diperlukan penelitian secara mendalam dan komprehensif agar menghasilkan rumusan bagi upaya penyempurnaan dan penyederhanaan format/template putusan. Ketiga, hasil dari penelitian tersebut nantinya akan dibahas secara bersama-sama oleh semua Anggota Tim Pokja dan kemudian format/template putusan yang telah disusun akan dibahas dalam Rapat Pimpinan Mahkamah Agung, untuk selanjutnya ditetapkan dalam Surat Keputusan Mahkamah Agung, sehingga dapat menjadi rujukan bagi para pelaksana peradilan di Indonesia.

Tim Pokja sendiri akan bekerja secara intensif dalam tiga bulan ke depan sesuai dengan tugas masing-masing di bawah koordinasi para Ketua Kamar Peradilan untuk menggali semua sumber, referensi, bahan kajian, dan desain format/template penyederhanaan putusan berdasarkan kewenangan perkara pada peradilan masing-masing. Semua Anggota Tim Pokja juga menyepakati bahwa laporan dan hasil kajian format/template putusan pada masing-masing kamar peradilan dapat diselesaikan dan diserahkan kepada Wakil Ketua Bidang Yudisial selambat-lambatnya akhir September 2019.

Keterlibatan FSH UIN Bandung bersama AIPJ2, MaPPI FHUI, dan LeIP dalam program pembaharuan peradilan bukanlah kali pertama, namun telah berlangsung sejak tahun 2013 hingga sekarang. Tercatat ada beberapa program kerja AIPJ2 yang melibatkan FSH UIN Bandung, antara lain: Pengembangan Klinik Bantuan Hukum Universitas, Penguatan Identitas Hukum, Lomba Analisa Putusan Pengadilan, Asesmen dan Diseminasi Kualitas Putusan Pengadilan, Eksaminasi Putusan Pengadilan, Penyusunan Perma Mediasi, Penyusunan Rancangan Perma Tentang Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, Penyusunan Rancangan Perma Tentang Dispensasi Perkawinan, dan Penelitian Format/Template Putusan Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding di Semua Kamar Peradilan, serta kegiatan terkait lainnya.

Semua bentuk partisipasi FSH UIN Bandung senantiasa mendapatkan dukungan positif sejak Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si (Mantan Dekan FSH yang kini menjadi Wakil Rektor II UIN Bandung) dan terus dilanjutkan oleh Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag selaku Dekan FSH UIN Bandung saat ini. Keduanya terus mendorong agar FSH UIN Bandung dapat berkontribusi dalam mendukung program-program kerja AIPJ2 dan terlibat langsung dalam program pembaharuan peradilan (Mahkamah Agung Republik) di Indonesia. Tercatat ada tiga dosen/peneliti FSH UIN Bandung yang banyak terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan di AIPJ2 dan Mahkamah Agung tersebut, yaitu Dr Deni Kamaludin Yusup, M.Ag; Dr H Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag, M.Si; dan H Burhanuddin, S.Ag, MH.[nanang sungkawa/deni ky]

 

[]