Fakultas Syariah dan Hukum

Jurusan Eksyar Cetuskan Trade Mark Penelitian

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Jumat, 1-NOV-2019

Jurusan Ekonomi Syariah (Eksyar) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung mencetuskan trade mark modul praktikum dan penelitian skripsi, pada wilayah kajian bisnis syariah dan industri halal. Ini akan menjadi ciri khas, sekaligus pembeda antara Jurusan Eksyar dan jurusan-jurusan ekonomi lainnya.

“Wilayah penelitian mahasiswa Eksyar tidak hanya di lembaga perbankan atau lembaga ekonomi, tetapi juga di industri halal,”  tegas Ketua Jurusan Eksyar Mohammad Hasanuddin, M.Ag, dalam workshop “Penataan Wilayah Penelitian Akhir (Skripsi)  Prodi Eksyar” di Aula Utama FSH, Jumat petang (1/11/2019). Workshop dibuka oleh Wakil Dekan I FSH Dr H Syahrul Anwar, M.Ag; dihadiri sekretaris Jurusan Eksyar Evi Soviah, M.Ag dan staf Cucu Susilawati, S.Sy, M.Sy,  para dosen dan mahasiswa, dengan narasumber pakar ekonomi Islam UIN Bandung Prof Dr H Anton Athoillah.  

Menurut Hasanuddin, potensi bisnis syariah saat ini sangat besar. Jika bisnis syariah terus dikembangkan, maka akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. “Terlebih dalam rangka menjalankan Revolusi Industri 4.0, Indonesia, Indonesia melakukan pembangunan industri dalam berbagai sektor, termasuk industri halal,” ujarnya. 

Potensi industri halal ini akan selaras dengan outcome Eksyar, karena akan menjebolkan para analisis ekonomi dan praktisi keuangan/bisnis syariah. “Nah, kini kita tengah menyusun sistematika penelitian mahasiswa agar ada korelasi lulusan Eksyar dengan dunia kerja (user),” kata Hasanuddin, seraya menjelaskan bahwa mahasiswa semester VII sudah memenuhi syarat untuk mengajukan proposal penelitian untuk penyusunan skripsi.

Wakil Dekan I FSH Dr Syahrul menjelaskan bahwa usia Jurusan Eksyar sudah 3,2 tahun, mahasiswanya sudah ada yang semester VII. Maka, segeralah menyiapkan buku pedoman penyusunan skripsi khusus untuk Jurusan Eksyar, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi segenap sivitas akademika Prodi Eksyar UIN SGD Bandung.

Dijelaskan lagi, Eksyar sebentar lagi akan melahirkan alumni. Karena itu, workshop kali ini dikonsentrasikan pada penyusunan pedoman penulisan skripsi. “Tidak hanya menjadi pedoman bagi mahasiswa, tetapi juga bagi para dosen pembimbing skripsi dalam proses pembimbingan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah,” kata Dr Syahrul, seusai membuka Workshop.

Menyinggung soal status Eksyar, ia menjelaskan, Jurusan Eksyar masih menginduk pada Fakultas Syariah dan Hukum, meskipun sudah diklaim oleh fakultas baru yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Jika dalam waktu dekat Ortaker FEBI sudah terbit, maka Surat Keputusan Penyusunan skripsi pun bisa dikeluarkan oleh Dekan FEBI.[nanang sungkawa]

[]