Berita Terbaru

Fakultas Syariah dan Hukum

FSH Terdepan Cetak Lulusan Unggul dan Kompetitif

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Jumat, 13-NOV-2015

EKSISTENSI dan peran Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung juga sangat penting dalam mengembangan keilmuan syariah, hukum dan ekonomi syariah untuk mempersiapkan sumber daya manusia dan lulusan yang unggul dan kompetitif, profesional dan berdaya saing; serta memiliki kepribadian yang mulia dan berjiwa kepemimpinan yang  demokratis. Karenanya dalam kurun waktu empat tahun ke depan, FSH harus menjadi fakultas terdepan yang mampu menyiapkan lulusan yang unggul dan kompetitif.

Visi ke depan, kita unggul dan kompetitif dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang ilmu syariah, ilmu hukum, dan ilmu ekonomi syariah pada level nasional. Visi ini menjadi “new spirit” untuk mengembangkan masa depan FSH, yang selanjutnya diturunkan menjadi misi dan tujuan, yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi, misi dan tujuan tersebut sangat penting diusung sebagai cita-cita ideal berdasarkan tuntutan dan kebutuhan, tantangan dan solusi, serta potensi yang dimiliki. Selain itu, visi, misi, dan tujuan tersebut sebagai  penjabaran dari cetak “cetak biru” (blue print) masa depan FSH yang mengintegrasikan “paradigma keilmuan” syariah, hukum, dan ekonomi syariah untuk menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman di masa depan.

Tantangan dan problematika yang dihadapi bangsa Indonesia di masa depan semakin kompleks. Ada tiga isu besar yang perlu direspons dalam pencapaian visi, misi dan tujuan FSH. Pertama, FSH ingin mengembangkan berbagai kajian hukum Islam yang selama ini cenderung bersifat dogmatis dan formalis, baik dalam bentuk pengajaran maupun hasil-hasil penelitian akan didorong menjadi lebih progresif dan dinamis sesuai dengan semangat dinamika keilmuan untuk menjawab berbagai tantangan dan problematika sosial di era kontemporer. 

Kedua, FSH ingin merespons positif isu-isu penegakan hukum dan hak asasi manusia melalui kontribusi akademik yang dapat memberikan sumbangan kepada pemerintah (eksekutif), legislator (legislatif), dan penegak hukum (yudikatif) untuk mewujudkan cita-cita negara hukum yang demokratis, berkedamaian, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Ketiga, FSH ingin merespons positif tantangan dan problema ekonomi syariah lebih dari sekadar mengembangkan lembaga keuangan dan perbankan syariah, tetapi juga sektor-sektor bisnis dan industri syariah yang sejauh ini belum mendapat porsi kajian yang memadai.

Untuk mewujudkan ketiga cita-cita di atas, perlu dilakukan berbagai terobosan melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan akademik dan non akademik yang diarahkan untuk mempersiapkan lulusan yang unggul dan kompetitif. Sekurang-kurangnya ada lima kunci sukses untuk mewujudkan hal itu. Pertama, meningkatkan kualitas mutu dosen dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat   sesuai dengan pembidangan dan keilmuannya; kedua, meningkatkan kesadaran, semangat, dan tanggung jawab akademik, moral, dan sosial semua dosen, karyawan dan mahasiswa, secara kolektif dalam menjawab semua kebutuhan stake holders. 

Ketiga, meningkatkan kemampuan dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam membangun jejaring (networking), memiliki kepercayaan diri (self confidence), jiwa kepemimpinan (leadership skills), dan jiwa kemandirian (selfness) untuk mempercepat peningkatan kualitas lulusan, berprestasi, pencitraan institusi, dan berdaya saing, baik pada tigkat lokal, nasional, maupun internasional. Keempat, meningkatkan manajemen dan tata kelola lembaga pendidikan yang baik berdasarkan prinsip credibility,transparency, accountability, and fairness dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki; dan kelima, mengembangkan model dan gaya kepemimpinan yang lebih aspiratif, amanah, inovatif, dan progresif.*

[Dr Ah Fathonih, M.Ag]