Berita Terbaru

Fakultas Syariah dan Hukum

Ilmu Hukum

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Rabu, 18-MAR-2015

A.       Pendahuluan

Perubahan UUD 1945 telah membawa perubahan fundamental dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, salah satunya adalah penegasan Indonesia sebagai negara hukum, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 ayat (3) UUD 1945 “Negara Indonesia adalah Negara Hukum. Penegasan ini merupakan suatu terobosan dalam rangka menjaga bangsa dan negara ini sebagai negara hukum. Kehadiran program studi ilmu hukum di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan suatu terobosan dan respon atas situasi perkembangan ketatanegaraan pasca amandemen UUD 1945 yang secara tegas dalam pasal 1 ayat (3) UUD 1945 menyatakan "negara Indonesia adalah negara hukum". Sehingga ke depan -berdasarkan pertimbangan akademik dan realitas sosial- bahwa Ilmu Hukum merupakan disiplin keilmuan yang memiliki nilai dan peran yang strategis dalam rangka membangun bangsa yang berlandaskan hukum.

Keberadaan Jurusan Ilmu Hukum dalam institusi pendidikan tinggi negeri keagamaan (UIN) merupakan hal baru dalam sejarah perkembangan keilmuan. Konstruksi keilmuannya dilandaskan pada etika dan akhlak bahkan ruh ke-Islam-an yang menjadi karakter UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

B.      Tujuan

1.      Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, kemampuan penelitian dan profesional dalam bidang ilmu hukum secara komprehensif dan kompetitif dalam bidang ilmu hukum yang berbasis Syariah dalam rangka mengembangkan ilmu hukum dan masyarakat ;

2.      Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap kemaslahatan umat dan masyarakat luas, sehingga dapat berperan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

3.      Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang yang memiliki kepribadian dan komitmen keislaman yang utuh, luas dan toleran.

4.      Mempersiapkan peserta didik yang mampu menyebarluaskan ilmu hukum yang berbasis Syariah kepada masyarakat luas sehingga terwujud tatanan masyarakat cerdas, adil, sejahtera dan menjunjung tinggi martabat kemanuasiaan.

 

C.      Kompetensi

  1. Memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang ilmu hukum secara integral dan mampu menerapkan keahlian tersebut dalam profesi hakim, panitera, jurusita, advokat, konsultan hukum, dan administratur pada peradilan umum dan khusus;
  2. Memiliki kemampuan dan keahlian melakukan inovasi-inovasi tentang hukum yang berkembang dalam kerangka perubahan sosial.

 

[adm]