Berita Terbaru

Fakultas Syariah dan Hukum

Perbandingan Madzhab

Posted By: Admin Terakhir Diupdate: Minggu, 10-FEB-2019

 

TENTANG JURUSAN

Program Studi Perbandingan Madzhab, sebenarnya telah berdiri dan menerima mahasiswa sejak tahun 1989. Akan tetapi, berdasarkan dokumen resmi yang tersedia, Prodi ini secara resmi berdiri pada tanggal 04 Juli 1996 melalui Surat Keputusan Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung SK Rektor No: IN.10/0/PP.00.9/17/1996 dengan nama Perbandingan Mazhab dan Hukum. Akan tetapi, Prodi ini kemudian diubah menjadi Perbandingan Mazhab melalui Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1429 Tahun 2012 Tentang Penataan Program Studi Di Perguruan Tinggi Islam. Meskipun Prodi ini sesungguhnya lebih dikenal dengan nama Perbandingan Mazhab dan Hukum, atau disingkat PMH.

Secara historis kajian tentang PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM dalam fiqh sebenarnya sudah setua kajian tentang fiqh itu sendiri. Sebab setiap muncul metode baru dalam memahami hukum Islam, maka pada dasarnya muncul pula Mazhab baru. Mazhab baru ini kemudian ada yang diikuti dan mendapat dukungan luas sehingga dapat bertahan dalam sejarah dan ada yang tidak diikuti oleh orang lain sehingga tidak dapat bertahan dalam sejarah. Akan tetapi dijadikannya PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM sebagai salah satu jurusan di perguruan tinggi yang menuntut adanya kajian yang lebih bersifat akademik dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, adanya fakta di masyarakat dimana para pengikut Mazhab banyak yang mengikuti pendapat Mazhabnya secara emosional sehingga mudah menyulut atau paling tidak berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat. Kedua, adanya upaya dari berbagai dunia Islam untuk menjadikan fiqih sebagai qanun yang berlaku dan mengikat kawasan tersebut, khususnya saat dunia Islam bebas dari penjajahan kaum imperalis dan kolonialis.

Hingga saat ini, Prodi PMH UIN Sunan Gunung Djati Bandung sudah menghasilkan lulusan lebih dari 500 orang, dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka telah memberikan kontribusi yang positif di bidang pekerjaannya masing-masing.

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

“Menjadi Program Studi Yang Unggul dan Kompetitif Dalam Bidang Perbandingan Mazhab dan Hukum Berbasis Wahyu Memandu Ilmu dalam Bingkai Akhlak Karimah di Asia Tenggara Pada Tahun 2025”

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang perbandingan mazhab dan hukum yang professional, akuntabel, integral dan berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun regional di Kawasan Asia Tenggara, dalam rangka penguatan pembangunan nasional.

Menyelenggarakan penelitian dan kajian ilmiah di bidang perbandingan mazhab dan hukum yang berkualitas dan implementatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang berkualitas dan bermanfaat bagi dunia akademik dan masyarakat.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berupa praktek berijtihad dan berfatwa, serta penyuluhan hukum, dalam rangka pemberdayaan masyarakat menuju tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan.

Menyelenggarakan tata kelola program studi perbandingan mazhab yang transparan, efektif dan efisien yang berorientasi pada pembentukan jiwa enteupreneur.

Tujuan

Terciptanya Pendidikan tinggi di bidang ilmu perbandingan mazhab dan hukum yang professional, akuntabel, integral dan berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun regional di Kawasan Asia Tenggara, dalam rangka penguatan pembangunan hukum nasional.

Terciptanya hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang perbandingan mazhab dan hukum yang berkualitas dan implementatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkualitas dan bermanfaat bagi dunia akademik dan masyarakat.

Tercapainya aktivitas pengabdian kepada masyarakat, berupa praktek berijtihad dan berfatwa, serta penyuluhan hukum, dalam rangka pemberdayaan masyarakat menuju tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan.

Tercapainya tata kelola program studi perbandingan mazhab yang transparan, efektif dan efisien yang berorientasi pada pembentukan jiwa enteupreneur.

 

PERSONEL

Ketua Prodi        : Dr. Ayi Yunus Rusyana, M.Ag.

Sekretaris Prodi  : Yayan Khairul Anwar, M.Ag.

Staf Prodi            : Ahmad Muzakir, MM.

Dosen:

Prof. Dr. Juhaya S. Praja, MA.

Prof. Dr. Moh. Najib, MA.

Drs. Ade Juhana, M.Si.

Dr. Koko Komarudin, M. Pd.I

Drs. Dadang Syaripudin, M.A.

Drs. Encang Saepudin, M.Ag.

Dr. Dudang Gojali, M.Ag.

Dedi Supriyadi, M.Ag.

Wawan Kurniawan, M.Ag.

Harry Yuniardi, M.Ag.

 

KOMPETENSI LULUSAN

“Sebagai praktisi hukum Islam (calon hakim, calon advokat, calon mediator), penghulu dan peneliti yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebagai praktisi hukum Islam dan tugas khusus sebagai praktisi hukum Islam dengan menggunakan pendekatan dan perspektif mazhab dalam hukum Islam sesuai dengan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.”

 

PROFIL LULUSAN

Profil utama lulusan Program Studi Perbandingan Mazhab adalah sebagai sebagai praktisi di bidang hukum Islam yang professional, berkarakter dan berintegritas sesuai dengan kode etik keilmuan dan keahlian, serta sebagai calon mufti yang berwawasan luas dan komprehensif.

 

Lihat selengkapnya di website Prodi Perbandingan Madzhab: DISINI

 

 

[adm]