Bahasa Indonesia ID العربية AR English EN
Download | Arsip Data | Arsip Berita
Login Layanan Akademik

365 Mahasiswa FSH Ikuti PKPS Daring

KEGIATAN Praktikum Keuangan dan Perbankan Syariah (PKPS) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, di era Covid-19, tetap digelar, sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Hanya, PKPS kali ini dilaksanakan dengan sistem daring.  

Dekan FSH UIN SGD Bandung Dr Fauzan Ai Rasyid, M.Si menegaskan hal itu saat memimpin rapat Persiapan Praktikum Keuangan dan Perbankan Syariah, di Auditorium FSH Jl AH Nasution No 105 Bandung, Selasa (7/7/2020).

Hadir dalam kesempatan itu para Wakil Dekan FSH, para Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI); Ketua Laboratorium FSH, Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS), Jurusan Akuntansi Syariah, dan Ekonomi Syariah, serta para dosen pembimbing Praktik.

“Praktikum adalah kegiatan dalam rangka menerapkan ilmu yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan kuliah. Karena kegiatannya wajib dan dilakukan secara daring, maka pelaksanaannya harus serius, jangan asal-asalan, agar mahasiswa tetap semangat,” pesan Dekan.

Ia juga berharap praktikum ini berbasis outcome, sehingga Dekan meminta kepada para ketua jurusan merumuskan teknik praktikum ini agar hasilnya jelas. “Kami tidak mau ada keluhan dari mahasiswa bahwa pratikum ini asal-asalan, tidak serius, termasuk perihal perkuliahan daring,” kata Dr Fauzan, didampingi Wadek I Dr H Syahrul Anwar dan Wadek III Dr H Aden Rosadi.

Menurut Ketua Laboratorium FSH Harry Yuniardi, M.Ag,  PKPS ini diikuti oleh 365 mahasiswa semester VI, terdiri dari MKS 172, Akuntansi Syariah 97, dan Ekonomi Syariah 96; serta dibimbing oleh 21 dosen. Praktikum daring ini akan digelar melalui zoom meeting pada tanggal 14-16 Juli 2020, dengan narasumber para praktisi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI, dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Hasil yang diharapkan oleh Jurusan MKS dan Ekonomi Syariah, mahasiswa bisa membuat artikel jurnal setelah menyimak dan menganalisa ketiga narasumber tersebut. Sedangkan Jurusan Akuntansi Syariah bersifat Praktikum DR (di rumah) secara offline ke lembaga-lembaga keuangan yang dekat dengan rumah masing-masing mahasiswa.[nanang sungkawa]