Dekan FSH Buka Seminar Nasional Hukum Moderasi Beragama

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Dr Fauzan Ali Rasyid MSi membuka Seminar Nasional Hukum Moderasi Beragama di Aula FSH, Kamis (28/7/2022).

Seminar Nasional Hukum Moderasi Beragama ini menghadirkan dua narasumber: Encep Mahdi Hidayat, S.H., M.H. yang membahas tentang urgensi mahasiswa dalam menjaga nilai-nilai hukum modernisasi beragama di Indonesia; Wisnu Bayu Aji, S.H. yang membahas tentang peran, makna dan fungsi mahasiswa terhadap adanya pembaharuan hukum modernisasi beragama di era digital. Dengan moderator Teguh Hidayat.

Dekan FSH menjelaskan Seminar Nasional Hukum Moderasi Beragama tersebut dalam rangka memperingati hari lahir Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum agar menguatkan dan mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan mengangkat tema Kritis Mahasiswa dalam Menyikapi Problematika Hukum Modernisasi Beragama di Era Digital.

Modernisasi beragama adalah kehidupan umat manusia yang terkait dengan perilaku menjalankan ajaran agamanya dipengaruhi oleh perubahan sistem politik, keagamaan, ekonomi psikologi, ilmu pegetahuan, kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh dalam era revolusi 4.0 ini adalah terciptanya generasi yang cenderung bersifat skeptis dan sinis, memiliki ketergantungan tinggi terhadap teknologi, serta menjunjung tinggi privasi.

Prof Fauzan menegaskan prinsip dan indikator moderasi beragama menjadi sesuai yang mesti dedikasi dan disosialisasikan kepada para mahasiswa untuk menangkal paham radikalisme.

“Dosen, tendik, mahasiswa sebagai duta penguatan moderasi beragama sangat diperlukan untuk memutus mata rantai radikalisme, dan pembangunan karakter harmoni di Indonesia,” tegas Prof Fauzan.

Seminar Nasional Hukum Moderasi Beragama tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III Dr H Aden Rosyadi MAg, CLA., Dr. Ayi Rusyana, M.Ag., Ketua Jurusan PMH, Imam Turniman, S.H.I, Ketua IKA-PMH, Rizki Bahtiar Rifaldi, Koordinator Nasional PPMH-SI, Yusuf Hidayatulloh (Ketua Umum HMJ-PMH Periode 2021-2022, mahasiswa yang ada di lingkungan FSH.

Related Posts