Dukung Reformasi Hukum, Pimpinan FSH Terima Kunjungan dari UIN Pekalongan soal JDIH

(FSH.UINSGD.AC.ID) — Pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerima kunjungan dari Fakultas Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan ke Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Aula meeting room FSH, Selasa (7/11/2023).

Dekan FSH, Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid MSi menyampaikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah PTKIN Pertama yang tergabung dalam jaringan nasional pengelola dokumen dan informasi hukum yang berada di bawah Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham RI.

Prof Fauzan menegaskan kehadiran JDIH ini dalam rangka mendukung penuh program BPHN Kementerian Hukum dan HAM RI. Perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam mengelola dan menyediakan informasi tentang produk-produk hukum dan pengelolaan jaringan dokumentasi informasi hukum sebagai bagian dari pendidikan hukum. 

Selama ini keberadaan buku, bahan bacaan dan dokumen hukum berupa peraturan perundang-undangan dan non peraturan perundang-undangan sebagai aset dokumentasi dan informasi hukum yang tersebar di setiap lembaga pemerintah maupun non pemerintah.

Di era keterbukaan informasi publik, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) merupakan kebutuhan primer untuk dapat diakses oleh masyarakat luas termasuk sivitas akademika perguruan tinggi.  “Keberadaan JDIH merupakan hal yang penting dalam pembangunan hukum, pendidikan hukum dan penyelenggaraan pemerintahan serta kehidupan berbangsa dan bernegara pada umumnya.”

Untuk itu keperluan dokumentasi dan informasi yang lengkap, komprehensif dan terpadu sebagai suatu sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan untuk mendukung reformasi hukum.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Dekan I, Dr. H. Chaerul Saleh, M.Ag., Wakil Dekan II, Dr. H. Ateng Ruhendi, MPd., Ketua JDIH, Dewi Mayaningsih, SH., MH., Wakil Ketua JDIH, Furiansyah Dipraja., ST., M.Kom., Sekretaris JDIH : Dr. Fatimah Madaniyyah, M.Pd

Sedangkan dari UIN Pekalongan Wakil Dekan I, Dr Trianah Sofiani, SH., MH., Wakil Dekan II, Dr. H. Mohammad Hasan Basyri, M.Ag., Ketua Jurnal, Yunas Derta Luluardi, MA., Kalab, Syakira Khansa, M.Si., GPM, Ayon Diniyanto, SH., MH dan Iqbal Kamaludin, SH., MH.

Related Posts