FSH UIN Bandung Gelar Seminar Nasional Ombudsman dan Supremasi Hukum

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Seminar Nasional Ombudsman dan Supremasi Hukum di Mercure Convention Center Ancol, Rabu-Kamis (24-25/11/2021).

Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hery Susanto, SPI.,M.SI, Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. H. Idzam Fautanu, M.Ag menjadi narasumber Seminar Nasional yang dipandu oleh Dr. H. Utang Rosidin, SH., MH.

Dekan FSH, Prof. Dr. H. Fauzan Ali Rasyid, M.Si menyampaikan dalam negara hukum, kekuasaan menjalankan pemerintahan berdasarkan kedaulatan hukum, supremasi hukum dan bertujuan untuk menjalankan ketertiban hukum.

Untuk supremasi hukum harus mencakup tiga ide dasar hukum, yakni keadilan, kemanfaatan, dan kepastian.

Menurut Hery bahwa dengan supremasi hukum, maka diharapkan hukum dapat melindungi seluruh warga masyarakat tanpa adanya intervensi oleh pihak manapun. Penegakan hukum oleh Ombudsman adalah terhadap pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik atau sering disebut dengan praktik maladministrasi.

Ombudsman diberikan mandat untuk mengawasi pelayanan publik, dan Ombudsman berwenang melakukan pemeriksaan terhadap aparat penegak hukum yang menjadi pihak terlapor atas praktik maladministrasi. “Tugas Ombudsman tidak hanya menerima, memeriksa dan menyelesaikan laporan, tapi juga koordinasi, kerjasama dan membangun jaringan kerja dengan seluruh stakeholder untuk mencegah praktik maladministrasi,” jelas Hery.

Seperti tertuang dalam UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik, pendidikan termasuk dalam ruang lingkup pelayanan publik. Kampus merupakan tempat yang sangat baik dan efektif untuk memberikan parktik langsung dan pengalaman tentang pelayanan publik yang baik. “Bagaimanapun kampus merupakan mata air bangsa,” tambahnya.

PP

Dalam seminar yang diikuti oleh 96 orang dosen dan tenaga pendidikan dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini Hery mengutarakan harapannya agar Ombudsman bersama-sama dengan civitas academica Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati bisa berkolabrasi bersama untuk menyelesaikan problem-problem pelayanan publik dari pencegahan sampai dengan penyelesaian laporan.

Hadir dalam Seminar Nasional tersebut : Wakil Dekan I Dr H Syahrul Anwar, MAg., Wakil Dekan II Dr. H. Ateng Rohendi, M.Pd, Wakil Dekan III Dr. H. Aden Rosadi, M.Ag., CLA., Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Tenaga Kependidikan di lingkungan FSH.

Related Posts