HMJ, Sarana Melatih Kepemimpinan

HIMPUNAN Mahasiswa Jurusan (HMJ), sebagai organisasi mahasiswa di tingkat jurusan, menjadi sarana penting bagi mahasiswa untuk menempa mental dan sikap kepemimpinan.

Demikian penegasan Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Dr H Aden Rosadi, saat melantik pengurus HMJ Hukum Tatanegara (HTN), di Aula FSH, Senin (24/02/2020). Hadir dalam kesempatan itu Ketua Jurusan Dr H Chaerul Shaleh, M.Ag; Sekretaris Jurusan Ridwan Eko Prasetio, SH.I.,M.Ag;  pengurus Dewan Mahasiswa FSH, Senat Mahasiswa FSH, dan para penguru HMJ di lingkungan FSH.

Di HMJ inilah, lanjut Dr Aden, mahasiswa dituntut untuk terus mengembangkan diri, terutama dalam hal berkomunikasi dengan pengurus lain, bekerjasama dengan banyak orang, dan lain-lain. Karenanya, sebagai ketua HMJ, harus punya visi yang jelas,  memiliki keberanian, dan tangguh dalam menghadapi berbagai permaslahan dalam organisasi.

“Potensi leadership kalian dapat tumbuh dn berkembang terutama menyelesaikan masalah-masalah pokok mahasiswa hari ini, tentang akademik, ekonomi,  dan moralitas,” ujar Dr Aden.

Setiap organisasi ekstrakurikuler sering kali mengadakan kegiatan-kegiatan, baik di dalam maupun di luar kampus. Ini pun,  Di situ juga organisasi dan acara-acara tersebutlah Anda dapat belajar untuk menjadi seorang pemimpin.

Jangan ragu untuk sesekali mengajukan diri menjadi ketua pada beberapa kegiatan agar dapat melatih jiwa kepemimpinan, dengan sering berkomunikasi dengan banyak orang, berdiskusi, dan memecahkan masalah. “Kepengurusan sekarang harus segera menata program kerja, buatlah kegiatan unggulan yang mempunyai pengaruh positif kepada kemajuan jurusan,” saran Dr Aden.[nanang sungkawa]

Related Posts