Bahasa Indonesia ID العربية AR English EN
Download | Arsip Data | Arsip Berita
Login Layanan Akademik

Komitmen Mahasiswa HTN Lulus Tepat Waktu

Dr Fauzan: Orangtua Harus Mengawasi Pergaualan Anaknya di Luar Kampus!

Di hadapan para orangtua, sebanyak 97 mahasiswa baru (maba) Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung berjanji akan lulus tepat waktu, cepat sesuai target yang dicanangkan.

Janji mereka disampaikan dalam acara silaturahmi Fakultas Syariah dan Hukum dengan para orangtua, di Aula Utama FSH, Rabu (30/10/2019). Disaksikan oleh Dekan FSH Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Ag; Wakil Dekan I Dr H Syahrul Anwar, M.Ag; Wakil Dekan II Dr H Ateng Rohendi, M.Pd; Wakil Dekan III Dr H Aden Rosadi, M.Ag; Ketua Jurusan HTN Dr H Chaerul Shaleh, M.Ag; dan Sekretaris Ridwan Eko Prasetio, SH.I, M.Ag.

Ada sembilan komitmen yang tertuang dalam Fakta Integritas: Mahasiswa berjanji akan menjaga nama baik universitas, fakultas, dan jurusan; menjaga moralitas, integritas dan berakhlak kariah; mendukung tercapainya visi misi HTN; tidak akan pernah mengenal dan menggunakan narkoba; sportif, jujur, dan tidak akan menyontek saat ujian; berpakaian rapi, sopan sesuai ketentuan yang berlaku; mengikuti kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kualitas akademik di setiap semester; dan akan berbakti pada orangtua, guru, agama, nusa dan bangsa.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Ag menegaskan tentang tugas dan tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak. Orang tua –sebagai pendidik pertama dan utama– jangan mempercayakan sepenuhnya kepada pihak perguruan tinggi/fakultas, tetapi harus proaktif membina bahkan mendukung program fakultas dalam meningkatkan kecer­dasan, harkat, dan martabat anak bangsa hingga mampu membangun diri dan masyarakat di sekelilingnya.

“Orang tua jangan lepas begitu saja, perlu ada kerjasama dengan pihak kampus, agar setiap perkembangan prestasi kuliah anaknya terpantau, sekaligus ikut mengawasi pergaulan mereka di luar kampus,” ujar Dekan, seraya menjelaskan bahwa silaturami dengan orangtua mahasiswa dilaksanakan per jurusan, agar lebih fokus. Tujuannya, selain mengenalkan program fakultas/jurusan, juga menjalin hubungan batin secara lebih erat dan menyepakati komitmen tepat waktu kuliah.

Dekan juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua yang menguliahkan anaknya di FSH. “Insya Allah kami akan memelihara amanat ini sebaik-baiknya, dengan cara memberikan ilmu pengetahuan, mendidik keterampilan, melatih keahlian, dan membina akhlak mereka,” tegasnya.

Orang tua pun harus memahami perkembangan dan terus memantau proses perkuliahan anaknya agar tepat waktu dan bisa meraih target yang diharapkan. Karenanya, dalam rangka menyamakan persepsi di penghujung acara dilakukan penandatanganan fakta integritas dan Nota Kesepahaman Kuliah Tepat Waktu oleh Dekan, Ketua Jurusan HTN Dr H Chaerul Shaleh, M.Ag, perwakilan mahasiswa dan orang tua.[nanang sungkawa]