LKM Melatih Sikap Peduli

Dr Aden: Jangan Ada Perpeloncoan!

Semua orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, karena setiap manusia dilahirkan ke dunia pada dasarnya adalah pemimpin, setidaknya pemimpin untuk dirinya sendiri. Hanya, potensi kepemimpinan itu bisa muncul manakala didukung dengan sikap keberanian, terbuka, dan peduli pada orang lain.

Demikian penegasan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Si, saat membuka Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) Jurusan Akuntasi Syariah, Kamis (10/10/2019). Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr Muhammad Zaky, M.Si;  Ketua Jurusan Akuntansi Syariah Dr Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.E.Sy  bersama sekreratis Mia Lasmi Wardiyah, SP, M.Ag dan staf Asep Arsyad, S.Ikom, M.Si.

Di bagian lain, LKM Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum Dr H Aden  Rosadi, M.Ag.  Acara ini pun dihadiri oleh para pengurus Senat Mahasiswa FSH, pengurus Dewan Mahasiswa FSH, dan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Dr Fauzan mengharapkan, LKM selain menjadi ajang pengenalan jurusan, juga bisa melatih sikap kepedulian agar jiwa-jiwa kepemimpinan bisa muncul dan berkembang secara maksimal. Misalnya, peduli kepada teman atau peduli kepada lembaga, sehingga setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan yang kompetitif.

“Hindari sikap egois, karena hal itu bukan sifat dari seorang pemimpin. Egoisme malah akan memunculkan sikap tertutup, yang berarti akan ditinggalkan oleh orang yang dipimpinnya,” jelas Dekan, seraya berharap para pengurus organisasi kemahasiswaan bisa menumbuhkankembangkan jiwa-jiwa kepemimpinan yang baik.

Wadek III FSH Dr Aden selain mengapresiasi secara positif, menganggap LKM bagi mahasiswa baru itu sangat penting, untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan keahlian (skill). “Tapi ingat, jangan ada perpeloncoan! Pinta Dr Aden kepada Panitia LKM Jurusan MKS.

Sudah bukan zamannya lagi ada perpeloncoan. LKM sejatinya diisi oleh kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan lima kecedasan: Kecerdasan emosional, intelektual, sosial, spiritual, dan manajerial. “Dan, yang paling penting, jaga nama baik almamater FSH, FEBI, dan universitas. Tunjukkan bahwa Anda adalah mahasiswa UIN SGD Bandung yang memiliki etika dan moral yang baik, juga berakhlak karimah!” pesan Dr Aden.[nanang sungkawa] 

Related Posts