Memperkuat Kompetensi Hukum Mahasiswa FSH Lakukan Kunjungan dan Kerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Jabar

Dalam rangka memperkuat kompetensi hukum di kalangan mahasiswa, jajaran pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan audiensi, silaturahmi dan kerjasama dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kakanwil Kemenkumham Jabar), Jumat (10/2/2023)

Dekan FSH, Prof Fauzan Ali Rasyid MSi menjelaskan kunjungan ke Kakanwil Kemenkumham Jabar ini dalam rangka silaturahmi, audiensi dan melakukan kerjasama antara pimpinan FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Kakanwil Kemenhumkam Jabar.

Pertama, untuk penguatan rencana kerjasama. Kedua, peresmian Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan rencana Sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Semua itu dilakukan dalam rangka meningkatkan penguatan kelembagaan dengan semangat Tridarma Perguruan Tinggi,” tegasnya.

Ada banyak peluang kerjasama kelembagaan yang tentunya dapat direalisasikan antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Kementrian Hukum dan HAM, antara lain:
1. Penjajakan MoU sebagai payung hukum kegiatan;
2. Integrasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum sebagai wadah pendayagunaan bersama dokumen hukum;
3. Magang Kerja Mahasiswa dan Penyediaan Posyankum di Rutan, Lapas, Bapas dan Rupbasan;
4. KKN Tematik Desa Sadar Hukum;
5. Kolaborasi Kegiatan Penyuluhan Hukum Dosen dengan JFU Penyuluh;
6. Pembentukan Kelas SDM Kemenkumham;
7. Kelas/Beasiswa bagi Anak Berhadapan dengan Hukum yang Berprestasi; dan
8. Pembentukan Unit Kerja Keimigrasian untuk pelayanan paspor dan perizinan Mahasiswa Asing.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri dari Unsur Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, Kepala Bagian Perencanaan, Kepala Bagian Hukum.

Sedangkan dari perwakilan dari UIN Bandung Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si. (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum), Dr. H. Ateng Ruhendi, M.Pd. (Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan), Dr. H. Aden Rosadi, M.Ag. (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama) dan Dian Rachmat Gumelar, S.H., M.H. (Ketua JDIH UIN Bandung)

Related Posts