OUTING CLASS AL MUKHTARIYAH KE FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

FSH NEWS; Outing class diartikan sebagai model pembelajaran diluar kelas yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar, sekaligus mengembangkan potensi siswa dengan cara yang menyenangkan, model ini disajikan sebagai model pembelajaran yang menawarkan beragam sumber pembelajaran yang dinamis, oleh karenanya, seluruh unsur pendidikan akan terangsang mencerna dan menangkap bahan-bahan pembelajaran, Outing Class Fakultas Syariah dan Hukum diselenggarakan pada saat menerima kunjungan siswa/siswi MA Al – Mukhtariyah, kelas 10 dan kelas 11 sebanyak 150 siswa, dan 20 guru pembimbing.

Dadang Sadeli, S.Ag selaku pimpinan MA al-Mukhtariyah menyebutkan, program outing class merupakan bagian dari model pembelajaran yang biasa dilaksanakan, di tahun ini, proses outing class dilaksanakan di perguruan tinggi, dalam hal ini Fakultas Syariah dan Hukum UIN sunan gunung Djati Bandung, pilihan ini menunjukan bahwa UIN SGD menjadi salah satu pilihan siswa untuk melanjutkan studi jenjang sarjana, beliau berharap melalui acara ini, peserta didik MA Al-Mukhtariyah di masa mendatang dapat menjadi bagian dari civitas Akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tandasnya.

Heri Sindang Nugraha, M.M selaku kepala bagian Tata Usaha Fakultas Syariah dan Hukum, menyambut baik kunjungan MA Al-Mukhtariyah, dengan kunjungan ini, paling tidak proses informasi Fakultas dan input perguruan tinggi sejak dini telah terjalin, sehingga pada saatnya seluruh stakeholder perguruan tinggi dapat saling mengutkan secara kelembagaan.

DR. H, Chaerul Shaleh, M.Ag, selaku Wakl Dekan I, memberikan penjelasan Prosedur rekrutmen calon mahasiswa baru hingga menjadi mahasiswa UIN SGD.

Dalam penjelasanya, beliau memberikan gambaran profil lulusan yang akan dicapai, didasarkan atas penguasaan keterampilan akademik dalam bentuk legal skill dan keterampilan kerja dalam bentuk analysis skill, dimana seluruh peserta didik , jika memiliki 2 kompetensi ini, dapat dipastikan menjadi lulusan yang bisa memenangkan kompetisi atau persaingan kerja, hal ini dibuktikan oleh beberapa lulusan FSH yang telah menempati beberapa profesi keahlian hukum yang tersebar di beberapa lembaga profesi.

Tidak berhenti sampai disana, UIN SGD Bandung memberikan alternatif pilihan non akademik, seperti aktifitas olahraga, aktifitas kesenian atau aktifitas profesi, bahkan telah menorehkan prestasi nasional dan Internasional. Tandasnya.

Secara spesifik ketua jurusan dilingkungan FSH menjelaskan secara rinci capaian kompetensi setiap lulusan sesuai kajian dan konsentrasi jurusan nya.

Dalam sesi sharing session, beberapa guru dan siswa berharap bahwa di masa mendatang UIN SGD memberi peluang yang lebih besar untuk lulusan MA al- Mukhtariyah agar dapat diterima di UIN SGD Bandung.


Acara Ouiting Class FSH dihadiri oleh; seluruh jajaran pimpinan Dekanat , seluruh pimpinan Jurusan, dan team tenaga kependidikan dilingkungan Fakultas Syariah dan Hukum.

Related Posts