Pembukaan dan Pembekalan Praktikum Ibadah dan Bahtsul Kutub 2024

Pada tanggal 28 Juni 2024, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui Laboratorium FSH menyelenggarakan acara pembukaan dan pembekalan Praktikum Ibadah dan Bahtsul Kutub 2024 di Aula Anwar Musaddad. Acara ini dibuka secara resmi oleh Plh Dekan (Wadek 1) Dr. H. Chaerul Saleh, M.Ag., dan dihadiri oleh Wadek 2, Dr. H. Ateng Ruhendi, M.Pd., Wadek 3, Dr. H. Burhanudin, S.Ag., M.H., serta para dosen pembimbing praktikum dan mahasiswa semester II dan IV.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan khusus mahasiswa FSH, khususnya dalam bidang ilmu keagamaan, yang merupakan distingsi PTKIN secara umum. Praktikum Bahtsul Kutub bertujuan memberikan bekal keterampilan dalam pembacaan kitab-kitab turats, yang merupakan sumber ilmu Syariah. Kemampuan ini sangat penting, terutama sebagai prasyarat bagi calon hakim di Pengadilan Agama. Sementara itu, Praktikum Ibadah bertujuan meningkatkan semangat beribadah dan penguasaan kemampuan ibadah sebagai bagian dari Syariah.

Pelaksanaan praktikum ini berlangsung selama 12 kali pertemuan, dimulai dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test. Materi ibadah meliputi pemahaman dalil-dalil dan praktik thaharah, shalat fardlu, adzan, iqamah, shalat sunnah tertentu, pengurusan jenazah, pembuatan teks khutbah, dan a’milin zakat serta pendistribusiannya. Sementara itu, Praktikum Bahtsul Kutub mencakup pembelajaran nahwu saraf, cara membaca kamus bahasa Arab, metode memahami teks, dan metode terjemahan.

Dalam sambutannya, Drs. H. Ayi Sofyan, M.Ag., menekankan pentingnya meningkatkan semangat beribadah. Ia mengutip Q.S. al-Dzariyat ayat 56 tentang tujuan penciptaan manusia untuk beribadah kepada Allah SWT, serta Q.S. Maryam ayat 76 tentang pentingnya mendapatkan petunjuk dari Allah. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga ibadah, terutama shalat, sebagai upaya mendapatkan petunjuk dan keberkahan dari Allah SWT.

 

 

Related Posts