Bahasa Indonesia ID العربية AR English EN
Download | Arsip Data | Arsip Berita
Login Layanan Akademik

Pengurus Ormawa Harus Jadi Suri Tauladan

Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung Dr H Aden Rosadi, M.Ag mengharapkan para pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Orma) mampu menjadi suri tauladan dalam bersikap dan berperilaku bagi para mahasiswa. Ini penting dalam rangka membangun sistem nilai di lingkungan kampus, sesuai dengan visi “Akhlak Karimah”.

Harapan ini disampaikan Dr Aden dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama para pengurus Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di lingkungan FSH, belum lama ini. Rakor perdana ini dihadiri oleh Kepala Bagian TU Dadang Bunyamin, S.Ag, MM dan Kasubag Keuangan Dra Tati Patnasih, M.Ag.

Menurut Dr Aden, selain menciptakan kehidupan ilmiah yang kondusif di kampus, mahasiswa juga harus berperan aktif membangun karakter dan watak agar iklim akademis lebih kondusif. Terlebih di era kemajuan teknologi dan revolusi industri 4.0 ini, terjadi banyak perubahan, termasuk pengaruhnya pada pergeseran nilai dan norma. Maka, mahasiswa sebagai kaum intelektual, yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa, harus mampu menjaga dan  melestaikan moral, teramasuk memfilter pengaruh buruk di era kemajuan ini.

Mahasiswa yang punya etika (akhlak) akan bertindak sesuai aturan dan tata tertib di kampusnya. Dalam melakukan aktivitasnya sebagai mahasiswa, etika menjadi sebuah alat kontrol dalam bersikap dan bertindak.

Ditanya, apa saja indikator mahasiswa yang beretika baik itu? Dr Aden menjelaskan, hal itu bisa dilihat dari cara berpakaian yang rapi dan sopan, mematuhi peraturan yang berlaku, memberi contoh yang baik dalam berperilaku, saling menghormati, dan bertutur kata yang sopan kepada siapapun.[nanang sungkawa]