Tim Peneliti FSH Kunjungi Mahkamah Syar’iyah Aceh

Tim Peneliti Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Syahrul Anwar, M.Ag, Dr. H. Utang Rosidin, SH, MH, Dian Rachmat Gumelar, SH, MH melakukan kunjungan ke Mahkamah Syari’yah Aceh (MSA) yang diterima langsung oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Zulkifli Yus, MH. di Command Center, Jumat (28/10/2022).

Wakil Dekan I, Dr. H. Syahrul Anwar, M.Ag, menyampaikan silaturahmi ke Mahkamah Syar’iyah Aceh itu dalam rangka penelitian tentang kedudukan Mahkamah Syar’iyah sebagai penguatan pelaksana Otonomi Khusus dalam sistem hukum di Indonesia.

Kita ketahui secara bersama di Nanggroe Aceh Darussalam, terdapat 23 Makamah Sar’iyah Kabupaten dan 1 Mahkamah Syar’iyah tingkat Provinsi.

Hasil penelitian ini akan menjadi bahan pengayaan perkuliahan di lingkungan FSH. “Terutama yang berkaitan dengan hukum acara jinayah sebagai materi utama bagi calon hakim. Hal ini guna mempersiapkan profil lulusan FSH calon Hakim Agama,” tegasnya.

Dalam sambutannya Ketua MSA, Drs. H. Zulkifli Yus, MH. memberikan gambaran kewenangan Mahkamah Syar’iyah Aceh dengan berbagai keistimewaannya berikut hubungannya dengan Mahkamah Agung sebagai lembaga yudikatif.

Related Posts